Ternyata Seperti Ini Wujud Asli Sumur Air Zam-zam





Air Zamzam jadi satu diantara sisi utama dari perjalanan sejarah Islam yang panjang. Air ini dipercaya sebagai air suci yang menaruh manfaat dan keberkahan sendiri untuk umat muslim yang meminumnya.

Hal semacam ini tidak lepas dari momen utama yang melatarbelakangi kemunculan air Zamzam. sekitaran 4000 th. lalu.

Saat itu, Nabi Ibrahim AS berbarengan istrinya Siti Hajar dan putranya yang masihlah bayi, Ismail, datang dan bermukim di satu gurun yang gersang dan tandus. Tidak ada satupun manusia yang pernah menghuni gurun itu.

Satu saat Ibrahim AS pergi untuk sebagian lama meninggalkan istri dan anaknya itu. Persediaan makanan serta minuman mereka juga habis. Bahkan juga ASI Siti Hajar juga mengering.

Hidup ibu dan anak lelaki itu terancam kehausan serta kelaparan. Siti Hajar lalu berupaya mencari air dengan berlari-lari kecil dari Bukit Safa ke Bukit Marwah sambil memohon pada Allah.

Sesudah 7 kali berlari-lari pulang pergi, terjadi keajaiban. Air memancar diantara ke-2 kaki putranya. Hal itu sudah pasti atas kehendak Allah SWT yang memerintahkan Malaikat Jibril untuk menghentak bumi sampai terpancarlah air yang kini dikenal air Zamzam.

Beberapa tahun lalu, Nabi Ibrahim AS datang dan segera bersujud pada Allah. Beliau lalu bangun dan meninggikan kembali Baitullah dibantu anaknya Ismail. Lalu, jadikan tempat itu sebagai tempat beribadah pada Allah SWT.

Sumur mata air Zamzam itu terdapat di lokasi yang saat ini jadi Masjidil Haram, tepatnya di samping Tenggara Kabah.

Sumur Zamzam lebih kurang terdapat 11 mtr. dari Kabah, berkedalaman 42 mtr.. Menurut narasi yang sahih, sumur ini bisa menyedot air sejumlah 11-18, 5 liter per detik.

Hingga bisa membuahkan 660 liter air per menit dan 39. 600 liter perjamnya. Dari mata air ini, ada celah ke arah Hajar Aswad dengan panjang 75 cm, dengan tinggi 30 cm yang juga membuahkan air begitu banyak.

Dulu, diatas sumur ini, ada bangunan. Tetapi bangunan itu saat ini ditiadakan untuk meluaskan tempat tawaf. Hingga, ruangan minum air Zamzam dipindahkan ke ruangan bawah tanah, dibawah tempat tawaf, dengan 23 anak tangga yang dilengkapi AC.

Tempat masuknya dipisah pada laki serta wanita. Di situ ada 350 keran air minum, 220 ada di segi ruangan lelaki dan 130 bekasnya di ruang perempuan.

Nah penasaran dengan penampakan asli sumur air Zamzam yang pasokan airnya tidak pernah habis mulai sejak 4000 th. lalu itu? Begini wujudnya.

Ternyata Seperti Ini Wujud Asli Sumur Air Zam-zam detail

Sumber: wordkesehatan.com




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ternyata Seperti Ini Wujud Asli Sumur Air Zam-zam