Muhammad Ali, Legenda Tinju Dunia Penjaga Nama Besar Rasulullah





Nama legenda tinju dunia, Muhammad Ali telah mendapat kehormatan dan masuk ke dalam jajaran elite bintang di komplek Hollywood sejak 2002 silam.

Ini adalah tradisi gemerlap dunia Amerika Serikat mengundang tokoh ternama yang terpilih untuk meninggalkan jejak atau tanda tangan di trotoar yang berada di depan komplek Kodak Theater, Hollywood, California.

Ali sempat menolak nama dan tanda tangannya dicetak di trotoar itu. Sebab Ali tak ingin namanya yang diawali nama Nabi terakhir sekaligus Rasulullah umat Islam itu dilangkahi dan diinjak orang-orang.

“Saya diberikan nama Nabi Muhammad SAW kami, dan saya tidak mungkin membiarkan orang-orang menginjak-injak namanya,” kata Ali, seperti dikutip dari Independent, Minggu, 5 Juni 2016.

Alasan itu membuat pihak yang bertanggung jawab menyerah dan akhirnya nama Ali menjadi satu-satunya nama dipajang di dinding The Hollywood Walk of Fame bukan di trotoar.

Sejauh ini, kawasan trotoar paling populer se-Hollywood tersebut telah dipenhi lebih dari 2.500 nama tokoh terkenal di trotoar dengan area 15 blok di Hollywood Boulevard dan tiga blok di Vine Street.

Kisah Ali di Hollywood Walk of Fame demi menghormati Nabi Muhammad itu pun mewarnai kisah legendaris dari mantan juara dunia tinju kelas berat tersebut.

Mantan juara tinju legendaris tersebut meninggal pada usia 74 setelah dirawat di rumah sakit dengan masalah pernapasan. Dia telah berjuang dengan Penyakit Parkinson selama lebih dari 30 tahun.

Sumber: riauonline.co.id


Paling banyak dibaca