2 Surah Dalam al-Qur’an Ini Akan Menyelematkan Pembacanya di Hari Kiamat Nanti





Dalam Alqur’an terdapat seratus empat belas surah yang diturunkan oleh Allah. Dalam tiap- tiap surah sebenrnya terdapat keistimewaan yang tidak dipunyai surah lain. Keistimewaan adalah kelebihan tapi tidak bermakna satu surah lebih tinggi keistimewaannya daripada surah lain.

Begitu hari kiamat, ada dua surah yang menyelamatkan pembacanya dan akan memberikan pelajaran bagi kita bahwa sekecil apapun amalan baik kita di dunia akan dihitung dengan nalasan yang setimpal oleh Allah. Meskipun, semua dalil yang ada di dalam Al-Quran dan hadits memiliki manfaat bagi manusia, tapi kita dapat menggunakan dua surah itu sebagai pembela di akhirat kelak.

Kedua surah itu, adalah:

1. Surah Al-Ikhlas
Surah Al-Ikhlas setara dengan sepertiga kandungan Al-Quran. Hal ini menjadi dasar para ulama berpendapat bahwa membaca surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali sama artinya jika kita membaca tiga puluh juz Al-Quran. Selain itu, para ulama lain berpendapat bahwa sepertiga itu berkaitan dengan kandungan makna di dalam surah ke 112 itu. Inilah khasiat surah al Baqarah yang harus dimanfaatkan sebaik mungkin dalam kehidupan sehari-hari sebagai amalan baik kita.

2. Surah Albaqarah
Rasulullah juga menjelaskan surah lain, yakni surah Al-Baqarah. Surah ini adalah surah terpanjang yang memiliki 286 ayat. Selain itu, dalam surah ini juga terdapat ayat terpanjang di dalam Al-Quran yakni terletak pada ayat 282.

Surah ini memiliki keutamaan yakni dapat membuat setan lari dari rumah yang orang di dalamnya membacakan surah Al-Baqarah. Rumah yang dihuni oleh setan maka manusia yang menghuninya akan dengan mudah dijerumuskan dalam perbuatan maksiat.

Imam Ahmad meriwayatkan sabda Rasul yang berisikan bahwa semua ayat di dalam Al-Quran dapat memberikan syafaatnya pada pembacanya di kehidupan akhirat kelak. Oleh karena itu, luangkan waktu setiap hari untuk membaca surah di dalam Al-Quran. Namun, akan lebih baik jika kita juga memahami maksud dari ayat tersebut agar dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Apabila surah Ali Imran digabungkan dengan surah Al-Baqarah (disebut az-Zahrawain), maka hadits dari Abu Umamah ini melanjutkan maksudnya, yakni anjuran untuk membaca az-Zahrawain karena kedua surah tersebut akan datang di hari akhir seperti tumpukan awan atau seperti dua kelompok burung yang melebarkan sayapnya atau dua benda yang menaungi yang akan membela bagi pembacanya.

Kelebihan surah al Baqarah tidak mengurangi manfaat dari surah-surah lain sebagai petunjuk dalam menjalani hidup di jalan Allah. Semua dalil di dalam Al-Quran dan hadits dapat dijadikan pedoman hidup.

Imam Muslim juga meriwayatkan perintah untuk membaca surah Al-Baqarah karena akan mendatangkan banyak berkah. Apabila kita tidak mengamalkannya adalah suatu kerugian bagi kita. Bahkan tukang sihir tidak akan mampu menjangkau pembacanya. Imam Muslim dan Bukhari di dalam shahihnya menyebutkan jika Rasulullah pernah membaca kedua surah ini di dalam satu rakaat shalat. Hal ini membuktikan bahwa kedua surah ini memiliki keistimewaan tersendiri sehingga Rasulullah menggunakannya sebagai surah pendek dalam shalatnya.

Sebagai seorang muslim, faedah membaca surah al-ikhlash setiap hari dapat kita lakukan untuk meningkatkan keimanan dan mendekatkan diri pada Allah. Jangan membiarkan satu detik pun terlewatkan tanpa kita mengingat Allah. Banyak amalan yang dapat kita lakukan agar selalu mengingat Allah disetiap langkah kita. Allah telah menyediakan banyak pilihan amalan baik sehingga kita dapat melakukan ibadah sunnah mana yang dapat kita lakukan sesuai kemampuan.

Sumber: syurgawi.com



Paling banyak dibaca