Inilah Alasan Kenapa Kita Dianjurkan Berdzikir Dengan Ruas Jari Tangan



dzikir menggambarkan salah satu ibadah utama dalam ajaran islam. lazimnya, umat muslim berdzikir dengan memakai ruas jari tangan.

perihal ini setimpal dengan anjuran rasulullah saw. disebutkan dalam hadits abu dawud dan juga at - tirmidzi, rasulullah saw sempat memberitahukan kepada seseorang teman yang turut hijrah ke madinah supaya menghitung dzikir dengan memakai ruas jari tangan.

kemudian apa sebab di balik anjuran rasul ini?

anna an - nabiyya amara hunna an - yura’iina bi at - takbiiri wa at - taqdiisi wa at - tahliili, wa an - ya’qidna bil anaamili, fa innahunna mas - uulaatun mustanthiqaatun.


" nabi memerintahkan kalangan perempuan supaya senantiasa menyesuikan amalan dengan membaca takbir, taqdis, dan juga tahlil. seluruh itu supaya dihitung dengan ruas jari - jari tangannya. karna di hari kiamat nanti, ruas - ruas jari tangan tersebut hendak dimintai penjelasan dan juga dituntut buat berdialog. "

hadits itu diperkuat pula oleh riwayat yang lain dari at - tarmidzi, abu dawud, an - nasai secara sahih dari abdullah bin umar.

abdullah bin umar mengatakan, " saya telah memandang rasulullah saw menghitung - hitung teks tasbihnya. (rasulullah menghitung teks dzikir) dengan jari tangan kanannya ".

jadi, dzikir memakai ruas jari tangan diajarkan karna nanti jari - jemari seperti itu yang hendak bersaksi di hadapan allah swt dikala hari kiamat.





(sumber; siraman. com )

Paling banyak dibaca