SANGAT PENTING.!! AWAS 5 KEBIASAAN INI BISA MERUSAK KAKI ANDA! NOMOR 2 PALING SERING DISEPELEKAN !!! BANTU SHARE YA KAWAN UNTUK RASA KEMANUSIAAN KITA TERHADAP SESAMA MANUSIA..!!!

Berapakah banyak dari Anda yang memperhatikan keindahan dan kesehatan kaki? Janganlah pernah Anda melupakan bahwa kaki juga adalah aset bernilai untuk seseorang wanita. Tetapi untuk merawatnya, Anda harus tahu lebih dulu banyak hal yang dapat mengakibatkan kerusakan kaki.



                                          Rutinitas yang bisa menyebabkan kerusakan kaki :

Lari tanpa alas kaki

Taukah anda bahwa ada 38 otot di kaki kita dan otot-otot itu bikin 25 % dari jumlah keseluruhnya otot badan. Dan lari tanpa ada alas kaki bisa cukup problematis untuk orang yang sudah punya kebiasaan lari dengan gunakan sepatu. Dr. Sherri Greene, seseorang ahli penyakit kaki dari New York menyampaikan bahwa karena beberapa orang yg tidak melatih kakinya, banyak yang setelah itu memiliki otot dan tendon yang lemah. Dan untuk orang yang memikul derita neuropati permasalahan sarat, sangat tidak dianjurkan untuk lari tanpa ada alas kaki. Apabila Anda ingin lari tanpa ada alas kaki, yakinkan Anda melatih kekuatan kaki Anda terlebih dulu.

Tidak memakai kaos kaki

Gunakan sepatu tanpa ada kaos kaki bisa buat jamur tumbuh di kaki. Jamur sukai tumbuh di lingkungan yang gelap dan lembab. Karena jamur dapat juga bertahan dalam periode saat lama di sepatu, Anda juga masih tetap berisiko terserang infeksi walaupun Anda telah membersihkannya. Untuk menghindarnya, selalu gunakan kaos kaki apabila kenakan sepatu.

Terus-terusan gunakan sepatu memiliki hak tinggi (high heels)

Sesekali menggunakan sepatu mempunyai hak tinggi tak akan mempunyai pengaruh jelek. Namun apabila Anda memakainya selama seharian dan sehari-hari, jadi Anda berisiko besar terserang bunion (bentuk deformitas (pergeseran fragmen pada fraktur) di kaki yang paling umum). Apabila terserang bunion, biasanya Anda perlu lakukan operasi untuk kembalikan posisi ibu jari kaki Anda.

Gunakan sandal jepit kemana-mana

Walaupun sandal jepit kelihatannya jadi sandal yang paling nyaman untuk dipakai ke mana-mana, tetapi sandal jepit tidak bisa berikan penyokong yang baik untuk kaki. Ketegangan otot kaki bisa berjalan dikarenakan penggunaan sandal jepit yang terlampau berlebihan. Bahkan resiko tersandung juga semakin tinggi bila Anda gunakan sandal jepit karena Anda harus menahan penjepit dengan ibu jari kaki Anda, belum lagi apabila jalan di jalanan yang licin.

Tak mengganti sepatu lari

Kapan terakhir kali Anda ubah sepatu lari Anda? Sepatu lari yang paling nyaman sekalipun apabila disimpan terlalu lama akan kehilangan daya penyokong dan kemampuan untuk menahan tumpuan kaki Anda. Sebaiknya selekasnya ganti sepatu lari Anda apabila Anda sudah terasa kurang nyaman memakainya.

Saat lakukan olahraga seperti lari, kenali kekuatan Anda dan janganlah pernah terlalu berlebih. Waktu kaki Anda cedera, selekasnya kenali gejalanya dan tangani dengan menghubungi dokter dengan cara segera untuk menghindar efek yang lebih parah atau berbahaya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :