Rahasia Pembuatan Coca-Cola Terkuak



Kini, Anda bisa membuat sendiri minuman ringan legendaris ini dengan bahan-bahan yang mudah didapat.

Sebelumnya, rahasia formula membuat Coca-Cola sangat dijaga ketat. Namun bahan-bahan rahasia pembuatnya telah diketahui publik sejak 1993.

Rahasia itu terkuak setelah Mark Pendergrast untuk pertama kalinya mempublikasikan sejarah perusahaan dalam bukunya For God, Country & Coca-Cola.

Buku ini memiliki bab lampiran mengejutkan karena Pendergrast, entah bagaimana, secara tak sengaja melihat daftar bahan khusus yang dirahasiakan perusahaan.

Saat mencari arsip sejarah Coca-Cola di Atlanta, Pendergrast menemukan sisa-sisa buku formula milik Dokter JS Pemberton yang ternyata penemu minuman Coca-Cola.

Buku itu sangat berharga bagi perusahaan dan Pendergrast tak bisa percaya dia melihat dan memegangnya.

Menurut kisah, saat sakit dan akhirnya bangkrut, Pemberton menjual perusahaan dan formula Coca-Cola kepada orang yang sekarang dikenal sebagai pendirinya, Asa Candler. Pemberton meninggal pada 1,888 dalam keadaan miskin dan kecanduan morfin.

Buku tersebut pernah dipegang oleh John Turner, ahli farmasi yang sebelumnya bekerja magang di perusahaan Pemberton. Saat Turner meninggal di kota Columbus, tempat dia bekerja, buku itu ikut terbawa.

Pada 1940, anak Turner menunjukkan halaman dari buku yang mengandung formula Coke itu kepada dewan direksi perusahaan. Seorang anggota dewan bernama Harisson Jones kemudian membujuk anak Turner untuk menyerahkan buku tersebut kepadanya. Dan sejak itu, buku formula tersebut seolah lenyap ditelan Bumi.

Hingga saat Pendergrast menduplikatnya dan menuliskan formula Coke tersebut dalam bukunya. Inilah bahan-bahan Coca-Cola yang dilihatnya:

- Kafein Sitrat 1 oz
- Ekstrak Vanilla 1 oz
- Perisa 2.5 oz
- F.E. Coco 4 oz
- Asam Sitrat 3 oz
- Lime Juice 1 quart
- Gula 30lbs
- Air 2.5 Gallons
- Caramel secukupnya

Perisa:
- Minyak Orange 80
- Minyak Lemon 120
- Minyak Nutmeg 40
- Minyak Cinnamon 40
- Minyak Coriander 20
- Minyak Neroli 40
- Alkohol 1 quart (biarkan selama 24 jam)

Semua ukuran perisa menggunakan standar US Imperial dan banyaknya diukur dengan minimal yang berarti 1 mins sama dengan 1 tetes.

Minuman asli Coca-Cola yang dibuat pada abad 19 mengandung kokain tingkat rendah yang dihasilkan oleh daun coca dalam bentuk F.E. Coco. Hanya saja, daun coca sangat sulit didapat karena harus ada izin dari pemerintah Amerika Serikat.

Untuk itu Coca-Cola mempekerjakan Stepan Company di Illinois sebagai satu-satunya perusahaan AS yang secara hukum diperbolehkan untuk mengimpor daun koka yang masih mengandung kokain ke Amerika.

Stepan Company kemudian mengeluarkan kokain dari daun coca dan menjual daunnya ke perusahaan Coca-Cola.

Meski demikian, minuman ini masih bisa dibuat meski tanpa bahan penting yang membuatnya disebut Coca-Cola.

SUmber : dream.co.id

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Rahasia Pembuatan Coca-Cola Terkuak