Penting!! Inilah Cara Turunkan Demam Si Kecil dalam Waktu 5 Menit

Feed.id - Suhu tubuh meningkat atau demam terjadi ketika tubuh sedang memerangi segala jenis infeksi. Namun, biasanya batuk pilek dapat menyebabkan demam. Terkadang alasan suhu tubuh meningkat tidak diketahui dan bukan masalah yang perlu dikhawatirkan.
Apabila anak Anda mengalami demam namun tidak ada masalah kesehatan yang serius bersamanya, Anda dapat menurunkan suhu tubuhnya hanya dalam waktu lima menit. Jika demam tidak datang lagi, maka tidak perlu pergi ke dokter.
Tapi jika demam tinggi, Anda harus membawanya ke dokter. Demam tinggi diketahui dapat merusak otak jika tidak diturunkan segera dan dapat menyebabkan kejang pada anak.
Ada beberapa bahan rumahan yang bisa menjadi solusi terbaik untuk mengobati demam anak secara efektif. Berikut cara terbaik untuk mengurangi demam anak Anda di rumah seperti dikutip dari Boldsky.com
1. Kentang
Parut dua kentang di penggilingan untuk membuat pasta. Masukan pasta kentang di kaus kaki anak dan kenakan ke kakinya. Ini akan menurunkan suhu tubuh tinggi anak Anda dalam beberapa menit.
2. Rendam kain
Rendam kain katun tipis di dalam cangkir. Masukkan kain katun yang direndam di dalam kaus kaki anak Anda. Ini adalah metode lain terbaik untuk menurunkan demam anak Anda di beberapa menit.
3. Kain basah
Rendam kain katun dalam air dingin lalu tempatkan kain di dahi anak Anda. Tempatkan di sana selama beberapa menit dan ulangi proses sampai demam turun.
4. Cairan
Berikan anak Anda cukup cairan dingin karena ini adalah obat yang sangat dibutuhkan untuk membawa demam turun. Anda dapat memberi makan dia dengan beberapa dadih, es krim, dan air putih. Hal ini membantu untuk mendinginkan tubuh dan menurunkan demam.
5. Pakaian
Gunakan pakaian longgar sebab tidak akan mempertahankan panas tubuh dan akan membantu dalam menurunkan suhu tubuh. Jangan menggunakan pakaian ekstra. Namun, jika dia merasa dingin dan mulai menggigil, gunakanlah selimut.
6. Gunakan kipas
Dekatkan si kecil dengan kipas angin sehingga akan mendinginkan suhu tubuhnya. Namun, jangan meninggalkan anak Anda tinggal di depan kipas angin terlalu lama karena dia akan masuk angin. Hindari posisinya di depan kipas angin langsung dan gunakan kipas dengan putaran rendah.

Paling banyak dibaca