CATAT YA KAWAN.! JANGAN PERNAH SESEKALI KAMU MENAHAN BAB ! KARENA AKIBATNYA SANGAT FATAL LOH !!!!

Karena sibuk melakukan suatu aktifitas, apakah anda sering menunda – nunda buang air besar?. Ketahuilah, kebiasaan tunda air besar nyatanya bisa menyebabkan efek jauh lebih buruk dari yang anda pikirkan. Bahkan juga beberapa ahli kesehatan memperingatkan menahan buang air besar untuk periode waktu yang lama dapat mengakibatkan kematian mendadak.
Mereka yang berkali-kali menunda ke toilet bakal alami kemungkinan pengembangan masalah fungsi otot yang dipakai untuk mengatur jalan keluarnya feses. Seperti dilansir laman Mirror (20/11/2015), Konstantin Monastyrsky, penulis buku best seller Gut Sense, menyampaikan bahwa menahan buang air besar walau cuma sekali saja sangatlah berbahaya, karena bisa menyebabkan timbunan feses sehingga mengganggu kinerja usus.

Selanjutnya, Konstantin menyampaikan jika feses hingga mengering, jadi keadaan itu bakal menghalangi system pencernaan dalam tubuh. Hingga efek buruk setelah itu bisa menyebabkan penyakit usus buntu, kanker usus atau bahkan yang lebih fatal lagi usus dapat pecah. Seluruhnya limbah dan racun bakal menumpuk jadi satu didalam usus. Apabila tak selekasnya diobati, pastinya resikonya adalah kematian.

Di bawah ini lima panduan untuk melindungi usus dan pencernaan terus sehat : 

1. Janganlah menunda – nunda BAB. Bila merasa telah ada satu dorongan, langsung saja pergi toilet. Bagaimanakah bila waktu sedang ada di perjalanan?, banyak toilet umum misalnya saja anda dapat singgah di toilet yang disiapkan di SPBU. Menurut banyak riset, posisi BAB yang sehat adalah jongkok bukanlah dukuk. Tak bakal ada lagi ancaman penyakit seperti wasir atau pencernaan seperti diverkulitis.

2. Pahamilah langkah kerja usus anda, sakit perut dan perasaan tak nyaman pada perut yaitu keadaan tak normal.

3. Kesehatan seorang dapat juga dipandang dari bentuk feses (tinja) yang dikeluarkan. Jadi apakah anda mempunyai feses yang normal atau tak?, Anda dapat mengecek secara lebih komplit melalui Tabel Bristol Stool yang ada di halaman Wikipedia.

4. Makanan yang masuk ke perut membutuhkan waktu antara dua sampai tiga jam untuk di proses jadi darah. Camilan seperti jajanan kue atau keripik mungkin saja bikin anda merasa lebih cepat lelah dibanding sayuran.

5. Bakteri baik dalam usus bersihkan berbagai jenis racun dalam usus anda sehari-hari. Konsumsilah selalu makan – makanan yang sehat untuk memperlakukan mereka dengan baik.

Sumber referensi : Mirror/Wikipedia

Paling banyak dibaca