Awas, Ini Efek Samping dari Minuman Teh Hijau

Secangkir teh hijau.

Kebanyakan orang yang ingin menurunkan berat badan, biasanya mencoba teh hijau. Bahkan jika Anda tidak pernah mencobanya sekalipun, Anda pasti pernah mendengar bahwa teh hijau dapat merangsang penurunan berat badan.

Namun sayangnya, teh hijau juga sama seperti produk lainnya, yaitu memiliki kelebihan dan kekurangan. Sisi positifnya, teh hijau sangat sehat dan khas karena berasal dari bahan alami. 

Tetapi, konsumsi berlebihan dari minuman ini dapat memicu efek samping yang serius. Mungkin beberapa dari Anda pernah mengalami ini, tapi tidak menyadari jika teh hijau lah penyebabnya.

Batas untuk mengonsumsi minuman ini maksimal 5 cangkir sehari, tetapi di negara lain ada yang membatasi hanya 2 cangkir sehari untuk mengonsumsinya. Konsumsi di atas jumlah ini akan berbahaya untuk tubuh Anda.

Efek samping yang paling umum antara lain, sakit kepala, sakit perut, gelisah, tremor, aritmia, mual, dan kehilangan nafsu makan. Selain itu, hindari mengonsumsi teh hijau saat larut malam karena akan mempengaruhi tidur Anda.

Beberapa studi menyatakan, konsumsi teh hijau sangat berbahaya jika dikombinasikan dengan antidepresan, obat penenang, antihistamin, dan pil kontrasepsi. Teh hijau juga tidak dianjurkan untuk penderita anemia. Untuk menghindari risiko-risiko kesehatan tersebut, konsumsilah dalam jumlah yang wajar. 

Di sisi lain, teh hijau memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti memperlambat penuaan, mempercepat metabolisme dan membakar lemak. Bahkan, teh hijau memiliki beragam keuntungan jika dikonsumsi dengan dosis harian yang direkomendasikan.

Sumber: Healthy Food Team

Paling banyak dibaca