3 Penyebab Utama Anak Kurang Nafsu Makan



Anak kurang nafsu makan merupakan masalah tersendiri bagi orangtua. Bagaimana tidak, jika anak kurang nafsu makan, energinya juga kurang dan ia rentan sakit.

Apa saja sesungguhnya faktor penyebab anak balita kurang nafsu makan? Berikut ini tiga penyebab utamanya yang masing-masingnya disertai rincian tersendiri.

1. Faktor Psikis

Penyebab utama yang pertama adalah faktor psikis. Beberapa hal ini bisa mengakibatkan anak kehilangan selera dan nafsu makan:
Anak sering tertekan karena dipaksa menghabiskan porsi makanan yang sebenarnya tidak sesuai dengan kapasitas perut anak
Anak bosa karena menu makanan tidak variatif
Anak sering dibiarkan makan sendiri tanpa diajak makan bersama keluarga atau ditemani
Anak dibiasakan minum susu formula yang bau dan rasanya tidak sesuai dengan kesukaannya
Anak telah cukup kenyang dengan susu formula atau jajanan sebelum makan
Anak banyak mengkonsumsi jajanan atau minuman yang mengandung gula
Anak sering terlambat makan

2. Faktor Fisik

Anak juga bisa kurang nafsu makan karena faktor fisik. Misalnya karena anak dengan menderita salah satu di antara beberapa sakit di bawah ini:
Sakit atau gangguan pada pencernaan
Diare
Batuk
Pilek
Sariawan
Luka pada mulut atau bibir
Demam

Jika anak tidak nafsu makan karena faktor fisik seperti ini, ia akan kembali berselera makan ketika sakitnya sudah sembuh.

3. Pola Makan

Faktor utama ketiga yang mengakibatkan anak kehilangan nafsu makan adalah terkait dengan pola makan. Jika makanan tidak diatur sesuai dengan kebutuhan anak, hal itu bisa membuat nafsu makannya berkurang.
Pemberian makanan pengganti ASI yang terlalu cepat dapat membuat anak kehilangan selera minum ASI. Sedangkan pemberian makanan pengganti ASI yang terlalu lambat membuat anak tidak selera mengkonsumi makanan yang diberikan.
Jenis dan bentuk makanan tidak sesuai dengan usia dan perkembangan anak
Sejak bayi terbiasa dengan keterlambatan pemberian ASI

Demikian 3 faktor utama penyebab anak kurang nafsu makan. Ketiga faktor ini tidak menunjukkan urutan. Untuk mengatasi kurang nafsu makan pada anak ini, orangtua terlebih dahulu perlu mengetahui faktor penyebabnya dan setelah itu baru ditempuh cara mengatasinya, yang akan dijelaskan pada tulisan tersendiri.

Sumber : webmuslimah.com

Paling banyak dibaca