APA MENGEJUTKAN..!!!Ternyata Mengkomsumsi Buah Melinjo DAPAT MENJADI "OBAT AWET Muda"

Tanaman melinjo (Gnetum gnemon Linn.) adalah salah satu tanaman yang bagiannya banyak disukai orang-orang. Daun muda, bunga serta buah mudanya banyak digunakan sebagai sayuran. Produk yang terkenal dari tanaman melinjo yaitu emping melinjo, berbentuk keripik yang di buat dari biji buah yang telah tua, yang umum dimakan sebagai kudapan. Emping terasa enak serta memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi juga sebagai sumber protein serta mineral. Sampai kini emping melinjo sering dipercaya dapat bikin kandungan asam urat melonjak, namun permasalahan ini masih tetap kontroversial karena menurut beberapa hasil penelitian di Jepang didapatkan bahwa biji melinjo tidak mengakibatkan asam urat meningkat. Riset tersebut menyimpulkan bahwa karena terasa yang enak, orang sukai makan emping melinjo goreng dalam jumlah yang banyak. Kemungkinan minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng emping tersebut yang mengakibatkan kandungan asam urat meningkat. Jadi, jika disediakan berbentuk makanan lain tanpa ada minyak, nampaknya tidak akan menyebabkan peningkatan asam urat.
Kandungan antioksidan

Ada yang lebih utama lagi, biji melinjo nyatanya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan yaitu senyawa yang bisa menetralisir radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul tak stabil hasil dari sistem metabolisme badan serta aspek eksternal seperti asap rokok, hasil penyinaran ultra violet, zat kimiawi pada makanan serta polutan lain.

Radikal bebas ini dengan cara perlahan-lahan akan mengakibatkan kerusakan sel, mengakibatkan badan gampang terkena penyakit, organ badan tak bekerja optimal serta cepat alami penuaan awal. Sesungguhnya antioksidan ada dengan cara alami didalam badan, tetapi jumlahnya sedikit serta selalu alami penurunan bersamaan menambahnya umur, karena itu badan butuh penambahan antioksidan dari makanan.
Sebagian riset terdahulu melaporkan bahwa dengan konsumsi antioksidan sehari-hari bisa kurangi kesempatan timbulnya penyakit degeneratif serta memperlambat penuaan. Antioksidan itu bakal merangsang tanggapan imum badan hingga dapat menghancurkan radikal bebas, menjaga kelenturan pembuluh darah, menjaga besarnya jaringan otak serta menghindar kanker.

Melinjo untuk awet muda

Dengan konsumsi zat aktioksidan, kita membuat perlindungan beberapa sel badan dari serangan radikal bebas. Berdasar sebagian peneliti Jepang ataupun peneliti Indonesia dari Jurusan Agronomi Fakultas Pertanian Kampus Jember, antioksidan dari biji melinjo adalah flavonoid yang termasuk juga senyawa polifenol. Senyawa ini bisa tahan sepanjang 5 jam lebih lama dari pada vitamin E serta C. Hasil penelitian tunjukkan bahwa kesibukan antioksidan ini setara dengan antioksidan sintetik Butylated Hydroxytolune.

Suatu perusahaan dari Jepang yang berlokasi di Bandung sekarang ini sudah memproses biji melinjo jadi teh serta tepung yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Di Jepang sendiri biji melinjo sudah di proses juga sebagai obat awet muda (anti-aging). Kandungan flavonoid ini didapat dari biji melinjo yang kulitnya telah berwarna merah, oleh karenanya dampak antioksidan melinjo dapat juga didapat dengan mengonsumsi bijinya segera yang sudah di proses, baik yang di rebus maupun yang sudah disediakan berbentuk sayur.

Paling banyak dibaca