5 Pelembap untuk 5 Jenis Kulit yang Bisa Anda Racik di Rumah!!

Menjaga kulit tetap lembap memang tidak mudah mengingat faktor udara yang sangat tidak teratur; kadang panas, kadang hujan, kadang berawan. Bila kulit kehilangan kelembapannya maka akan menyebabkan kulit kering, kemerahan, gatal, dan terbakar sinar matahari. Untuk itu Anda bisa membuat pelembap sendiri, yang sesuai dengan jenis kulit menggunakan bahan yang alami. Seperti dilansir darithebeautymadness.com, Anda bisa membuat pelembap sendiri di rumah.
homemade moisturizers
1. Pelembap untuk kulit kering
Kulit kering cenderung kehilangan kelembapan kulit dengan cepat dibandingkan jenis kulit yang lain. Kulit akan mengelupas, pecah-pecah, kasar, dan seperti teriritasi. Kulit juga akan terlihat kusam dan tua, kehilangan elastisitasnya sehingga membuat kerutan di sekitar mulut dan di bawah mata. Karena itu diperlukan pelembap yang membawa kembali kelembapan, kelembutan, dan cahaya ke dalam kulit.
Anda bisa menggunakan gula merah atau putih, air, gel lidah buaya, minyak almon, dan minyak bunga matahari. Rebuslan 1/4 cangkir air dalam panci dengan api kecil. Tambahkan satu sendok teh gula, satu sendok teh gel lidah buaya, dua sendok makan minyak almon, dan dua sendok makan minyak bunga matahari.
Aduk semua bahan hingga larut dalam air, angkat lalu biarkan hingga dingin. Anda dapat menggunakan pelembap ini pada wajah dengan cara dipijat menggunakan jari-jari. Anda juga dapat melembapkan bagian tangan dan kaki sehingga kulit Anda yang kering dan kasar akan berubah menjadi lembut.
2. Pelembap untuk kulit berminyak
Jenis kulit ini cukup bermasalah karena rentan terhadap bintik jerawat, jerawat, komedo, dan pori-pori yang membesar karena kelenjar sebaceous yang terlalu aktif memproduksi minyak. Kelebihan tersebut akan menumpuk dan menyumbat pori-pori. Jenis kulit ini membutuhkan pelembap yang dapat menghilangkan kelebihan minyak dan menjaga kelembapan kulit tetap normal.
Anda hanya perlu menyiapkan madu, gliserin, air teh hijau, dan air lemon. Cara membuatnya pun mudah, campurkan satu sendok teh madu, dua sendok teh gliserin, satu sendok teh air lemon, dan dua sendok teh air seduhan teh hijau. Aduk semua bahan tersebut, kemudian pijatkan pada wajah sebelum tidur, dan bilaslah pagi harinya.
3. Pelembap untuk kulit sensitif
Kulit sensitif sangat rentan terjadi alergi. Jika menggunakan produk kecantikan yang tidak cocok, kulit akan mudah iritasi dan terjadi radang. Untuk itu jenis kulit ini perlu bahan yang ringan. Itu sebabnya pelembap buatan sendiri sangat cocok untuk orang yang memiliki kulit sensitif.
Bahan yang Anda butuhkan yaitu mentega tanpa garam, air mawar, dan minyak bayi. Cairkan satu sendok mentega dalam panci dengan api kecil. Tambahkan dua sendok teh minyak bayi, kemudian angkat. Setelah dingin, tambahkan dua sendok teh air mawar, dan aduk merata. Anda dapat mengoleskan pelembap ini pada wajah dan leher untuk mencegah kulit kering.
natural_skin_moisturizer
4. Pelembap untuk kulit normal
Jenis kulit ini memiliki keseimbangan yang baik, kulit normal memiliki tingkat kekeringan dan minyak yang pas. Kulit normal terasa halus, lembut, dan bercahaya, merawatnya hanya akan membuatnya terlihat sempurna tanpa cela.
Untuk merawt kulit normal, Anda hanya membutuhkan vaseline petrolum jelly, minyak almon, dan air lemon. Lelehkan satu sendok makan vaseline, kemudian angkat setelah mencair. Tambahkan dua sendok teh minyak almon dan satu sendok teh air lemon. Aduk hingga merata dan pelembap Anda siap digunakan.
5. Jenis kulit gabungan
jenis kulit ini merupakan gabungan dari kulit kering dan berminyak, biasanya pada area T yang meliputi hidung, dahi, dan dagu akan lebih berminyak, dan kering pada bagian pipi dan daerah mulut. Dengan pelembap buatan ini akan mengatasi dua masalah tersebut.
Anda hanya membutuhkan air teh hijau, gliserin, dan minyak vitamin E. Caranya campurkan satu sendok makan air teh hijau, satu sendok teh gliserin, dan satu sendok makan minyak vitamin E. Sebelum mengoleskan pelembap ini, Anda harus mencuci muka terlebih dahulu dan keringkan dengan handuk.

Paling banyak dibaca