Penyebab Jerawat Di Leher dan Cara Mengatasi Secara Alami

penyebab jerawat di leher
Jerawat tidak hanya muncul di wajah atau zona T saja. Pada kondisi tertentu, jerawat bisa muncul di sekitar leher. Kemunculannya sangat di pengaruhi oleh kondisi tubuh dan kebersihan kulit penderitanya. Jerawat di leher yang parah berpotensi menimbulkan rasa sakit, bahakan di sertai rasa gatal yang tidak nyaman sekali. mungkin banyak orang heran mengapa jerawat bisa muncul di leher? Padahal leher tidak termasuk bagian tubuh yang memproduksi minyak. Lalu apa penyebab jerawat di leher?

Dengan menelusuri beberapa aktivitas dan kebiasaan manusia, ternyata jerawat di leher memang kerap terjadi. Namun, faktornya tidak di pengaruhi oleh kelenjar minyak di kulit. Adapun penyebabnya lebih besar akibat kebiasaan yang salah, terutama cara merawat kebersihan leher. Inilah penyebab jerawat di leher yang paling besar pengaruhnya:

•    Kotoran dan keringat hasil olahraga berat yang tidak segera di basuh dengan bersih atau tidak langsung membersihkan diri dengan mandi

•    Kebiasaan mengenakan kemeja berkerah yang terlalu ketat bisa menyebabkan keringat dan kotoran yang menumpuk di sekitar daerah leher.

•    Tutup cukuran leher bisa menyebabkan jerawat keloidalis nuchae, yaitu yang berasal dari rambut yang di potong atau tumbuh ke dalam dan masih tertanam di bawah daerah dagu dan leher.

•    Menggunakan pisau cukur yang bisa menyebabkan luka cukur di kulit, luka akhirnya menjadi benjolan yang merah dan bernanah, inilah jerawat.

•    Pengaruh bahan kimia seperti klorin dan polychlorinated biphenyls yang menempel di leher sehabis berenang akan menyebabkan "chloracne" pada kulit di leher.

•    Untuk sebagian kasus, jerawat di leher juga di pengaruhi keadaan hormone tubuh yang tidak stabil. Kasus ini sering terlihat pada penderita yang mengalami jerawat di leher parah.

Dari isemua kasus dan penyebab di atas, maka bakteri akan tumbuh di sekitarnya, kemudian jerawat di leher muncul. Jerawat di leher dapat di atasi secara alami dengan beberapa upaya sebagai berikut:

1.    Bersihkan Leher Dengan pembersih yang aman
Membersihkan adalah cara alami dan paling sederhana untuk menghilangkan jerawat. oleh karena itu jangan sepelekan kebersihan kulit anda. Membersihkan leher sehabis beraktivitas, berolah raga dan berenang. Karena aktivitas tersebut meninggalkan kotoran dan kuman yang memicu jerawat. Pilih pembersih yang aman untuk membersihkan leher.

2.    Jika ingin mencukur bulu sekitar leher, perhatikan kebersihan pisau cukur dan pastikan tidak melukai bagian kulit di leher. Setelah itu bersihkan leher dengan air bersih untuk menyapu rambut yang menempel.

3.    Jika terjadi akibat hormone yang tidak stabil, maka mulailah mengubah gaya hidup. Perhatikan konsumsi makanan anda dengan meningkatkan konsumsi air putih, sayur dan buah. Hindari makanan berlemak dan kolesterol tinggi.

4.    Rubah kebiasaan tidur buruk anda. Cukupi kebutuhan tidur selama 6-7 jam. Hentikan begadang yang selalu anda lakukan di malam hari.

5.    Dapatkan sinar matahari yang cukup untuk menghangatkan tubuh. Dengan begitu hormone tubuh akan bekerja normal, sementara kondisi kulit akan lebih baik.

6.    Scrub daerah di bawah dagu dan sekitar leher dengan bahan scrub alami dari sayur, beras, kopi atau buah. Ini akan mengangkat sekaligus mengeluarkan tumpukan kotoran, lemak dan zat-zat berbahaya yang menimbulkan jerawat di leher.

Simple dan mudah bukan? Itulah penyebab jerawat di leher dan beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan jerawat di leher.

Paling banyak dibaca