Penyebab Jerawat Bernanah Di Dagu dan Cara Mengatasinya Dengan Simple

penyebab jerawat bernanah di dagu
Dagu adalah daerah yang paling sering di hingapi jerawat. mengapa? Karena dagu adalah bagain zona T pada wajah yang sering berminyak. Hal ini dikarenakan di sekitar dagu, kelenjar sebasea yang memproduksi minyak lebih banyak jumlahnya. Jika terjadi peningkatan produksi minyak dan kelebihannya tidak di keluarkan melalui ekskresi maka akan menimbulkan penyumbatan pori-pori, dan akhirnya jerawat timbul di dagu. Tidak sedikit kasus terjadinya jerawat meradang dan parah. Peradangan jerawat adalah kondisi di mana jerawat itu membengkak dan menjadi bernanah. Tentu sangat menggangu, karena jerawat akan menimbulkan rasa sakit ketita tersentuh. Lalau apa penyebab jerawat bernanah di dagu? Faktor-faktornya sangat banyak dan semua di akibatkan karena kelalaian penderitanya sendiri.

Inilah penyebab jerawat bernanah pada dagu yang paling berpotensi pada masa imflamasi terjadi:

1.    Memencet Jerawat

Pada masa imflasi atau terjadinya peradangan, jerawat di dagu akan mengalai iritasi oleh bakteri dan kotoran yang berkolaborasi dengan lemak di pori-pori kulit. Ketika jerawat meradang, sentuhan tangan akan memperparah jerawat. apalagi jika jerawat di pencet dengan kuku yang membawa bakteri dan kotoran, jerawat semakin parah, memerah dan timbul nanah yang kental. Kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit di sekitar kulit yang berjerawat.

2.    Memakai Kosmetik

Pada saat kulit berjerawat dan meradang, olesan bahan-bahan kimia dari beberapa jenis kosmetik yang mengandung minyak akan memperparah kondisi jerawat. pasalnya, bahan kosmetik itu mudah sekali masuk ke pori-pori dan menyumbat bagian pori-pori yang berjerawat. Bahakan, beberapa bahan keras dari kosmetik akan menimbukan pembengkakak, kulit terbakar sehingga jerawat menjadi bernanah.

3.    Jerawat tersentuh Tangan

Sentuhan tangan yang tidak bersih akan menyebabkan jerawat terluka. Luka yang terbuka memudahkan bakteri dan kotoran masuk dan menginfeksi jerawat. jerawat makin parah bahakan timbul nanah yang menimbulkan rasa sakit.

Itulah penyebab jerawat bernanah. Namun, jerawat bernanah dapat di atasi dengan cara yang simplen dan mudah. Berikut adalah cara mengatasi jerawat bernanah:

1.    Tidak Memencet Jerawat

Pada saat jerawat meradang, jangan sekali-sekali memencet jerawat dengan kuku anda. Ini lah penyebab jerawat makin parah dan bernanah. Biarkan jerawat pecah dan kering dengan sendirinya. Ini lebih baik karena akan menghindari bekas dan lubang jerawat.

2.    Tidak menyentuh jerawat dan sekitarnya

Menyentuh jerawat adalah penyebab jerawat meradang. Oleh karena itu sebaiknya jangan menyentuh jerawat terutama dengan tangan. Bila terjadi jerawat pecah, bersihkanlah cairannya dengan tisu yang halus dan bersih.

3.    Hindari Pemakaian Kosmetik

Sebaiknya tidak mengoles pelembab atau kosmetik yang keras ke daerah kulit yang berjerawat. Sesudah jerawat kempes dan kering, barulah gunakan bahan perawatn kulit untuk memudarkan bekasnya.

4.    Rawat Wajah Dengan Bahan Alami

Selama terjadi peradangan pada jerawat, tentu rasa sakit akan timbul. Untuk mengurangi rasa sakit serta menghilangkan nanah di jerawat lakuakn perawat wajah. Perawat bisa di lakukan dengan memakai masker alami dari sayur, buah dan kopi. Lemon adalah salah satu ban alami yang mempercepat penyembuhan jerawat. tempelkan potongan lemon pada bagian kulit yang berjerawat setiap malam hari. Setelah melakukan perawatn ini, bilas wajah dengan air bersih.

Dengan mengetahui penyebab jerawat bernanah di dagu dan cara mengatasinya, maka resiko akan lebih mudah di cegah. Demikian ulasan mengenai penyebab jerawat bernanah dan cara mengatasinya kali ini. Semoga informasi yang udah di ulas bermanfaat.

Paling banyak dibaca