Penyebab Jerawat Pasir dan Cara Mengobatinya Secara Alami

Hampir semua orang pernah mengalami masalah kulit terutama jerawat. jerawat itu sendiri ada beberapa jenis dan penyebabnya masing-masing. Dan salah satu yana di bahas di artikel ini adalah mengenai jerawat pasir. Apa itu jerawat pasir? Jerawat pasir merupakan jerawat yang ukurannya kecil, muncul secara bergerombol di area pipi sehingga membuat kulit tampak kasar. Jerawat ini biasanya juga menyerupai komedo yang di ujung matanya terdapat warna putih seperti biji atau nasi. Kalau terpencet maka akan keluar bintik seperti pasir berwarna putih. 

penyebab jerawat pasir
Bintik pasir berwarna putih ini adalah hasil penumpukan lemak yang tercampur dengan kotoran dan bakteri. Meskipun ukurannya kecil-kecil, jerawat pasir ini tetap berpotensi besar menyebabkan kerusakan kulit, terutama flek dan bercak merah di kulit. Belum lagi rasa perih bercampur gatal akan mengganggu kenyamanan penderitanya. Untuk mengenal lebih banyak tantang jerawat pasir, maka berikut beberapa ulasan dari penyebab jerawat pasir yang perlu di kenali agar mudah mendapatkan langkah atau solusi untuk mengatasinya.

Penyebab Jerawata Pasir

Dari kebanyakan kasus, faktor penyebab jerawat pasir umumnya karena adanya penumpukan kelenjar minyak yang sangat besar di pori-pori kulit. Kemudian timbul benjolan kecil yang di sebut komedo. Nah, komedo ini adalah cikal-bakal dari jerawat pasir itu sendiri. Hal yang dapat memperparah komedo menjadi meradang dan menjadi jerawat adalah beberapa hal berikut ini:

1.    Sel kulit mati menumpuk, kemudian menyumbat pori-pori di area komedo dan akhirnya komedo menjadi terinfeksi sehingga meradang dan berubah kemerahan.

2.    Kebiasaan menggosok atau sering mebasuh wajah dengan frekuensi yang berlebihan. Gesekan tangan yang menyentuh komedo akan membuatnya teriritasi, sehingga berpotensi meradang dan menjadi jerawat.

3.    Kebiasaan memencet komedo juga menjadi faktor terbesat pemicu timbulnya jerawat pasir. Komedo yang sebelumnya hanya merupakan titik tumpukan lemak, ketika terpencet akan terkontaminasi dengan kuman yang terbawa oleh tangan. Lalu masuk kedalam pori-pori dan menginfeksi komedo, sehingga berubah menjadi jerawat pasir yang perih dan kadang gatal.

4.    Penggunaan kosmetik yang mengandung minyak akan memicu bertambahnya penyumbatan pada wajah yang berkomedo. Akhirnya, bekas sisa-sisa kosmetik itu menjadi kotoran yang membusuk di dalam komedo, komedo berubah menjadi jerawat pasir yang memiliki mata putih dan lengket.

5.    Cenderung mengkonsumsi makanan berlemak dan bergula tinggi pada saat wajah sedang mengalami masalah kulit seperti jerawat. minyak dan gula yang tercerna di dalam tubuh tidak terbuang dan akhirnya tambah menumpuk yang menyebabkan jerawat semakin menjadi meradang.

Mengatasi Jerawat Pasir Yang Membandel

Jika anda sudah mengetahui beberapa penyebab jerawat pasir, maka dengan mudah akan menemukan solusi untuk mengatasinya. Dan berikut beberapa cara mengatasi jerawat pasir yang membandel:
  • Lakukan scrub wajah dengan frekuensi yang rutin. Artinya cukup dua kali seminggu saja. Scrub ini akan berfungsi mengangkat sel kulit mati dan kotoran pada kulit sekaligus mengeluarkan tumpukan lemak dan kotoran yang ada di dalam jerawat pasir.
  • Atur frekuensi membasuh wajah lebih wajar. Jangan terlalu sering membasuh wajah, karena gesekan dan bahan kimia dalam sabun pencuci wajah justru akan melukai bintik kecil atau komedo, jika sering tergesek maka iritasi tidak dapat dihindari.
  • Hindari memencet komedo atau bintik-bintik yang berisi lemak putih di wajah. Biarkan saja, karena jika di pencet, lukanya akan terinfeksi dengan kuman yang terbawa melalui jari dan kuku. Jika hal ini terjadi, justru bintik berlemak itu akan menjadi jerawat pasir yang tersebar lebih banyak di wajah.
  • Hindari pemakaian kosmetik berlebihan ketika wajah sedang mengalai jerawat pasir.
  • Kurangi makanan berlemak, mengandung kolesterol dan gula yang tinggi. Gantilah dengan konsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur, jangan lupa konsumsi air putih lebih banyak.

Itulah penyebab jerawat pasir yang perlu anda ketahui beserta cara mengatasinya. Jika jerawat pasir menghampiri wajah anda, ikutilah tips =-tips yang sudah di bahas di atas. Semoga bermanfaat.

Paling banyak dibaca