Penyebab Jerawat Di Punggung dan Tips Mencegahnya

Penyebab Jerawat Di Punggung dan Tips Mencegahnya
Jerawat bisa muncul di mana saja, tidak sedikit juga kemungkinan jerawat bisa muncul di punggung. Jerawat di punggung memang tidak menggangu penampilan anda, namun rasa sakit dan gatal yang ditimbulkan akan mengganggu aktivitas dan kenyamanan anda.  Penyebab jerawat di punggung bisa bermacam-macam dan kadang tidak mudah untuk di disadari oleh penderitanya. Kemunculan jerawat di punggung mememang sedikit mengherankan, pasalnya punggung adalah bagian yang selalu tertutup. Yang kita tahu jerawat adalah parasit yang muncul di area wajah dan leher. Namun, akibat beberapa faktor lingkungan, hormonal, gaya hidup dan cara berpakaian bisa saja mempengaruhi kondisi kulit anda.

Apa saja penyebab jerawat di punggung yang sering terjadi pada seseorang yang mungkin bisa di kenali? Inilah beberapa penyebab jerawat di punggung berdasarkan hasil penelusuran beberapa sumber informasi:

Faktor Hormonal

Sebagian besar jerawat terjadi akibat penumpukan minyak yang tersumbat di dalam pori-pori kulit. Dalam keadaan yang tidak stabil, hormone tubuh tepatnya yang berhubungan langsung dengan system ekskresi akan memicu produksi minyak berlebih di dalam kulit. Akibatnya, minyak tersebut sulit di keluarkan melalui keringat dan tersumbat, berkolaborasi dengan bakteri sehingga akhirnya menyebabkan pembengkakan pada pori-pori yang menimbulkan rasa sakit dan gatal. Hormone tubuh bisa tidak stabil karena kondisi psikologi yang tidak baik, terutama ketika stress terjadi.

Pemilihan Pakaian Yang Salah

Jenis bahan pakaian tertentu tanpa di sadari bisa saja tidak cocok dengan kulit. Misalnya terlalu kasar, terlalu ketat dan terdapat zat pewarna tekstil yang berbahaya. Pakaian seperti ini akan menyebabkan gesekan sehingga meninggalkan kemerahan di kulit yang kelamaan akan menjadi irirtasi, hingga akhirnya timbullah jerawat di punggung.

Posisi Tidur Yang Salah

Posisi tidur dengan menggunakan kasur busa yang tidak memiliki lubang ventilasi udara akan menyebabkan panas, hingga tubuh bagian belakang menjadi berkeringat. Sementara jika anda tidur dalam posisi yang sama, yaitu terlentang dan punggung tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk berpindah posisi, maka penumpukan keringat di punggung akan menyebabkan punggung menjadi lembab yang akan memicu bakteri berkembang biak di kulit dan menyebabkan pembengkakan pada pori-pori kulit.

Pemakaian Pelembut dan Pewangi Pakaian Yang Tidak Cocok

Pelembut dan pewangi pakaian adalah konsentrat yang mengandung beberapa senyawa kimia. Jangan heran kalau ada beberapa senyawa bereaksi kurang baik dengan kulit anda. Meskipun pakaian yang anda rendam pada pelembut dan penwangi pakaian sudah kering, zat kimianya tetap menempel pada serat pakaian. Jika kulit sensitive, maka akan mudah mengalami iritasi yang akhirnya menjadi penyebab timbulnya jerawat di punggung.

Mengatasi Jerawat Di Punggung

Dengan mengetahui beberapa faktor penyebab jerawat di punggung yang sudah di bahas di atas, maka inilah beberapa solusi yang tepat untuk mencegah atau pun mengatasi jerawat di punggung:

1.    Menghindari Stress

Menghindari stress akan membuat kondisi hormonal tubuh tetap stabil. Dengan begitu, hormone yang memproduksi minyak di kulit dapat bekerja dengan normal, tidak ada kelebihan minyak yang tersumbat di pori-pori kulit.

2.    Memilih Pakaian Yang Tepat

Pakaian yang berserat halus, terdapat lubang untuk keluar masuk udara adalah yang tepat untuk semua jenis kulit. Hindari juga pemilihan pakaian yang ketat, karena ini akan menekan permukaan kulit sehingga keringat sulit di keluarkan. Pilih pakaian yang berbahan dingin juga akan menghindari iritasi pada kulit yang sensitif.

3.    Pilih Pelembut dan Pewangi Pakaian Yang Tepat

Jika kulit sensitive terhadap beberapa zat kimia pada jenis sabun dan pelembut pakaian, sebaiknya pilih yang tidak terlalu mengandung bahan kimia yang keras. Jika perlu tidak perlu menggunakan pelembut dan pewangi pakaian.

4.    Jagalah Tubuh dengan Berolah Raga dan Konsumsi Makanan Sehat

Olah raga akan membantu mengeluarkan minyak dan racun melalui keringat yang di keluarkan tubuh. Sementara mengkonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah akan membantu proses pengeluaran racun lebih mudah. Dengan begitu, tidak ada racun dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit yang mejadi penyebab jerawat di pungggung.

Itulah singkatnya mengenai penyebab jerawat di punggung dan cara mengatasinya semoga bisa membantu anda yang mengalami masalah jerawat di punggung.

Paling banyak dibaca