Penyebab Jerawat Di Muka dan Cara Mengatasinya

Jerawat musuh paling menyebalkan yang sering mangkir di wajah setiap orang. Di dunia ini tidak ada satu pun orang melewati masa hidupnya tanpa jerawat. Kesibukan yang padat memaksa seseorang untuk bersentuhan langsung dengan udara dan lingkungan yang kotor. Kedua faktor inilah yang kerap menimbulkan masalah kulit terutama jerawat. Jerawat adalah hasil penyumbatan pada pori-pori kulit akibat minyak yang bercampur dengan debu dan bakteri sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang dan membengkak. Kemungkinan penyebab terjadinya pembengkakan ini karena adanya pengaruh hormone yang merangsang produksi kelenjar minyak pada kulit. Lalu apa saja penyebab jerawat di muka yang paling umum? Berikut akan di jelaskan beberapa faktor atau penyebab jerawat di muka.
Penyebab Jerawat Di Muka dan Cara Mengatasinya

Penyebab Timbulnya Jerawat

Jerawat kebanyakan memang lebih sering muncul di bagian muka di bandingkan bagian tubuh lainnya. Karena wajah adalah bagian yang paling terbuka dan selalu bersentuhan dengan udara, debu, panas dan polusi. Belum lagi, wajah kerap di tutupi dengan kosmetik dan merupakan bagian kulit yang paling besar memproduksi kelenjar minyak. Oleh karena itu wajah atau muka sangat mudah mengalami kondisi peradangan pada pori-pori yang menimbulkan pembengkakan yang di sebut jerawat. Penyebab jerawat di muka di pengaruhi oleh beberapa faktor berikut ini:

1.    Produksi Minyak Berlebihan

Faktor terbesar timbulnya jerawat adalah kondisi di dalam tubuh manusia bukan karena kotor. Kulit, terutama di bagian wajah, adalah yang paling besar memproduksi minyak. Produksi minyak yang berlebihan akan memicu terjadinya penumpukan lemak sehingga menyumbat pori-pori. Kemudian terjadi kontak dengan bakteri dan akhirnya pori=pori mengalami pembengkakan yang disertai nanah.

2.    Bakteri

Bakteri adalah penyebab kedua yang paling umum menyebabkan jerawat. pasalnya mikroorganisme ini dapat hidup di dalam lapisan bawah kulit yang mengalami iritasi akibat penyumbatan dari tumpukan minyak dan kotoran. Bakteri memicu iritasi yang menyakitkan sehingga membuat terjadinya pembengkakan pada poripori yang tersumbat, dan jadilah jerawat.

3.    Kosmetik

Penyumbatan pori-pori bisa terjadi akibat pemakaian kosmetik yang mengandung banyak minyak seperti foundation. Selain itu penggunaan Foundation yang digabungkan dengan bedak menyebabkan bubuk bedak menempel pada pori-pori dan menyumbatnya. Maka timbulah jerawat.

4.    Obat-Obatan

Konsumsi obat-obatan yang cenderung mengandung bahan kimia akan mengakibatkan daya tahan tubuh menurun. Ketika imun menurun potensi timbulnya jerawat makin besar karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat tidak dapat di cegah dengan keadaan imun yang melemah.

5.    Stress

Jangan remehkan! Stress ternyata dapat memicu timbulnya jerawat di muka. Pasalnya dalam keadaan stress seseorang lebih konsumtif terhadap makanan tinggi gula dan minyak sebagai pelarian dari stress. Dan di sisi lain, saat stress keadaan hormone manusia juga tidak stabil, akibatnya hormone yang seharusnya memecah lemak dan gula tidak mampu bekerja. Lemak dan gula menumpuk pada jaringan sebasea dan bercampr dengan bakteri yang mengakibatkan pembengkakan hingga munculnya nanah dan kemerahan pada kulit.

Itlah penyebab jerawat di muka yang paling umum. Namun, ada penyebab ada juga solusinya. Jerawat dapat dicegah dan diatasi dengan beberpa cara sebagai berikut.

Cara Mnegatasi Jerawat Yang Muncul Di Muka

1.    Mencuci wajah dengan pembersih yang cocok dengan jenis kulit

Ini merupakan pencegahan sekaligus penyembuhan jerawat paling sederhana. Dengan tetap menjaga kebersihan wajah, maka potensi menderita jerawat akan lebih kecil.

2.    Menerapkan Perawatan Dengan Bahan Alami

Jerawat bisa diatasi dengan melakukan perawatan rutin. Dengan memanfaatkan beberapa bahan yang memiliki senyawa aktif pembasmi jerawat seperti lemon, daun papaya, pare, lidah buaya, madu, putih telur dan daun binahong. Caranya adalah dengan membuat ekstrak atau masker dari bahan tersebut yang kemudian dipakai atau dioleskan ke wajah.

Sekian ulasan kali ini mengenai penyebab jerawat di wajah dan cara mengatasinya. Semoga informasi dan tips-tipsnya dapat membantu anda lebih tahu tentang jerawt dan cara mencegahnya. Selamat mencoba!!

Paling banyak dibaca