Penyebab Jerawat Di Hidung Dan Solusi Mengatasinya

Hidung adalah salah satu bagian dari area T pada wajah. Area T tersebut adalah bagian yang paling besar memproduksi minyak dan yang paling berpotensi di hinggapi jerawat. seperti kebanyakan jerawat pada pipi, dagu dan dahi, jerawat di hidung dapat di sebabkan paling besar akibat penumpukan lemak di pori-pori kulit. Banyak sekali kerugian yang di sebabkan oleh jerawat, seperti rasa sakit ,flek yang membekas di hidung, dan lubang yang mengurangi keindahan kulit penderitanya. Maka untuk mencegah jerawat di hidung, kenalihah penyebab jerawat di hidung lebih dalam selain penyumbatan pori-pori yang sudah di singgung sebelumnya. Apa saja penyebab jerawat di dahi yang mungkin sering di sepelekan kebanyak orang?
Penyebab Jerawat Di Hidung Dan Solusi Mengatasinya

Penyebab Jerawat DI Hidung

Jika kita mengenali penyebab jerawat, tentu akan lebih muda menemukan solusi untuk mencegah dan mengatasinya. Inilah lima penyebab jerawat pada hidung yang paling umum namun sering di sepelekan orang:

1.    Stress

Kadang stress berkepanjangan tidak segera di atasi. Kebanyakan yang menderita stress terlalu menyerah dengan masalahnya dan tidak berusaha mencari jalan keluar. Ini akan berakibat buruk bagi kesehatan anda. Bukan hanya psikologi saja, melainkan kesehatan fisik anda. Jika stress berkepanjangan, ini akan melumpuhkan system kekebalan tubuh, sementara aktivitas hormone menjadi tidak stabil, bahkan ada kasus hormone kelenjar minyak lebih over produktif. Bayangkan, jika kelenjar minyak memproduksi minyak berlebihan, tentu tidak smeuanya akan mudah di keluarkan oleh tubuh. Bisa jadi masih ada sisa lemak yang menumpuk di bawah pori-pori kulit, akhirnya terinfeksi dan membengkak menjadi jerawat.

2.    Pola Makan dan Gaya Hidup Yang Salah

Banyak orang tidak menyadari, sering mengkonsumsi makanan berlemak tinggi seperti junkfood dan gorengan, secara tidak langsung meningkatkan produksi minyak di dalam kelenjar sebasea. Di tambah lagi tidak di imbangi dengan konsumsi sayur dan buah serta air putih yang cukup, maka sisa-sisa hasil metabolism yang salah satunya paling besar yaitu lemak, tidak dapat di kelurkan oleh tubuh. Akhirnya menumpuk, menjadi racun dan tempat bersarangnya bakteri P.Acne di lapisan bawah kulit.

3.    Mengabaikan Kebersihan Kulit

Tidak sedikit orang mengabaikan kebersihan kulitnya. Karena terlalu sibuk dengan pekerjaan yang membuatnya capai, sehabis beraktivitas mereka lupa membersihkan wajah dan melakukan perawatn. Itu tadi, karena sudah terlanjur capai jadi malas. Padahal menjaga kebersihan dan melakukan perawatan itu penting untuk siapa saja tanpa mengenal jenis kelamin.

Cara Mengatasi Jerawat Di Hidung

Sudah tahukan penyebab jerawat di hidung yang umumnya sama seperti jerawat yang muncul di pipi, dahi dan dagu. Jadi anda perlu melakukan upaya pencegahan, apabila sudah terjadi maka pengobatan adalah langkah yang tepat. Cara mengatasi jerawat tentu perlu di lakukan agar tidak mengalami kerugian seperti mengalami kulit rusak, flek dan bopeng. Berikut adalah solusi mengatasi jerawat di hidung yang lebih efektif tanpa biaya besar:

1.    Menhindari stress: ini merupakan solusi yang tepat karena mengingat penyebab timbulnya jerawat adalah akibat stress yang memicu hormon kelenjar sebasea lebih aktif memproduksi minyak penyebab tumpukan lemak di pori-pori.

2.    Memperbaiki pola makan dan gaya hidup: ini adalah solusi meningkatkan kekebalan tubuh dari dalam. Mulailah mengganti asupan anda dengan sumber makanan sehat dan kaya serat yang baik untuk proses pengeluaran racun dan kotoran seperti sayuran, buah dan air putih. Hindari pola hidup buruk seperti tidur larut malam dan merokok.

3.    Perhatikan Kebersihan: dengan memperhatikan kebersihan maka masalah kulit akan terhinda. Anda hanya perlu melakukan perawatn setelah beraktivitas. Perawatan yang rutin adalah membasuh wajah dengan sabun yang tepat. Untuk perawatan mingguan, lakukan scrub dan penggunaan masker wajah untuk menghilangkan kulit mati dan kotoran sisa kosmetik.

Itulah ulasan mengenai penyebab jerawat pada hidung dan solusi mengatasinya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu anda yang mengalami masalah kulit terutama jerawat.


Paling banyak dibaca