Penyebab Jerawat Di Dahi Dan Tips Mengatasinya Dengan Cepat

Salah satu area yang sering di hinggapi jerawat selain pipi adalah dahi. Dahi termasuk salah satu area T pada wajah, di mana di area ini terdapat kelenjar minyak yang memproduksi minyak lebih tinggi. Oleh karena itu, area dahi lebih mudah terjangkit jerawat baik jerawat pasir, jerawat batu, atau jerawat biasa. Kadang jerawat di dahi muncul secara bergerombolan yang membuat anda makin tidak pede. Belum lagi rasa sakit dan rasa gatal yang di timbukan membuat anda kurang nyaman. Setelah di telusuri, penyebab jerawat di dahi bermacam-macam, tergantung pada kondisi dan gaya hidup si penderintanya.
Penyebab Jerawat Di Dahi Dan Tips Mengatasinya Dengan Cepat

Kali ini akan di bahas mengenai apa saja penyebab jerawat di bagian dahi yang paling umum sekaligus tips bagaimana mengtasi jerawat di dahi dengan cepat.

Penyebab Jerawat Di Dahi

Ada beberapa faktor penyebab jerawat di dahi yang mungkin tidak pernah anda sadari sebelumnya. Faktor-faktor tersebut berhubungan langsung dengan hormone tubuh, kebersihan, lingkungan, pola konsumsi dan gaya hidup. Berikut adalah penyebab jerawat pada dahi yang paling umum:

1.    Pengaruh Keadaan Hormonal

Pengaruh hormonal yang memicu terjadinya jerawat adalah ketika hormon pengatur kelenjar sebasea pada kulit mengalami ketidak stabilan. Biasanya di picu karena stress yang di alami penderita. Dalam keadaan stress, hormone pada kelenjar minyak justru memerintahkan kelenjar minyak lebih banyak memproduksi minyak. Sementara pori-pori tidak dapat mengeluarkannya, hingga tumpukan minyak menggumpal dan menyumbat pori-pori. Akhirnya terjadi pembusukan dan pembengkakan di sekitar pori-pori yang tersumbat menjadi jerawat.

2.    Mengalami Kontak Langung Dengan Lingkungan

Lingkungan berpotensi besar menimbulkan masalah kulit. Pasalnya, lingkungan luar menjadi tempat seseorang bersentuhan langsung dengan polusi, sinar matahari, debu dan kuman yang bisa merusak sel-sel kulit manusia. Terjadinya kerusakan akaibat pengaruh lingkungan berpotensi menimbulkan jerawat di dahi.

3.    Kurangnya Menjaga Kebersihan

Lalai dalam menjaga kebersihan wajah dan kulit, sementara aktivitas kebanyakan di lakukan di luar, maka potensi besar menderita jerawat lebih besar. Jarang melalukan perawatan, scrub wajah dan frekuensi membasuh wajah yang rendah akan mempengaruhi faktor penyebab jerawat di dahi.

4.    Pola Konsumsi dan Gaya Hidup Yang Salah

Cenderung mengkonsumsi makanan junfood adalah sumber lemak jahat dan kolesterol. Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan seperti ini, maka potensi mengalami penyumbatan lemak pada pori-pori kulit makin besar. Belum lagi, jika gaya hidup yang sering memakai kosmetik keras dan berlebihan, dapat meningkatkan resiko penyumbatan pori-pori kulit. Di tambah lagi dengan kebiasaan tidur terlalu larut malam yang membuat imun tubuh menurun, hingga akhirnya tidak sanggup menangkal segala bentuk infeksi dan iritasi pada tubuh.

Tips Mengatasi Jerawat Di Dahi

Untuk mengatasi atau mencegah jerawat muncul di dahi sangat mudah. Jika penyebab jerawat pada bagian dahi sudah kita kenali, maka masalah jerawat dapat etratasi dengan cepat dengan melalukan tips-tips berikut:

1.    Menjaga tubuh dan pikiran tetap rileks. Jangan sampai stress yang pada akhirnya mengganggu kinerja hormone tubuh anda

2.    Bila anda selalu bersentuhan langsung dengan lingkungan, maka gunakan perawatn rutin untuk menjaga kesehatan kulit setelah beraktivitas. Jangan lupa untuk membasuh muka cukup 2 sampai kali sehari.

3.    Perhatikan pola konsumsi dan gaya hidup. Jika sebelumnya anda termasuk golongan orang yang menyukai makanan tidak sehat dan suka merokok, tidur terlalu malam. Maka rubahalah kebiasan tersebut. Mulailah memperhatikan kebutuhan gizi yang baik, seperti mengkonsumsi sayur dan buah serta memperbanyak konsumsi air putih. Hindari makanan junkfood dan minuman tinggi gula.

Bagaimana? Cukup mudah bukan mengenali penyebab jerawat di dahi dan tips mengatasinya. Terapkan tips-tips yang sudah di jelaskan di sini. Semoga masalah kulit, seperti jerawat tidak menghampiri anda.

Paling banyak dibaca