Penyebab Jerawat Di Dagu Dan Cara Mengatasinya

Jerawat muncul di bagian-bagian tertentu pada wajah. Daerah yang paling suka  di hinggapi jerawat adalah area dahi, pipi, sekitar hidung dan yang paling sering adalah disekitar dagu. Mengapa demikian ya? Jika di kita cari tahu, penyebab jerawat  di dagu lebih karena daerah ini adalah yang paling besar memiliki kelenjar minyak. Produksi minyak berlebihan akan membuat dagu menjadi mudah mengalami penyumbatan. Anda pasti sering kan mendapati dagu anda berminyak? Itulah sebabnya, jerawat akan lebih sering muncul di dagu yang berminyak, apalagi kalau ada kontak secara langsung dengan debu, kosmetik, dan bakteri maka minyak akan berkumpul dan menyumbat pori-pori di sekitar dagu anda.
penyebab jerawat di dagu

Penyebab jerawat di dagu juga bisa terjadi karena adanya sentuhan tangan atau kuku yang kotor dan melukai kulit dagu. Luka akan menjadi memerah dan mengalami peradangan, sehingga timbulah jerawat. lalu apa saja sih faktor lain penyebab jerawat di dagu? Berikut adalah ulasannya.
Faktor Penyebab Jerawat di Dagu

1.    Kesalahan Makanan

Faktor kesalahan makanan juga menjadi salah satu penyebab jerawat di dagu ini kadang tidak di sadari oleh penderitanya. Penderita yang lebih konsumtif terhadap makanan junkfood dan berlemak tinggi berpotensi besar mengalai peningkatan produksi minyak di dagu dan akhirnya mudah mengali penyumbatan pori-pori yang membengkak menjadi jerawat.

2.    Produksi Hormon Yang Berlebihan

Produksi hormone yang berlebihan biasanya terjadi pada saat psikologis anda sedang tidak stabil. Keadaan ini akan memicu hormone produksi minyak pad kelenjar sebasea bekerja di luar control dan menyebabkan minyak keluar berlebihan. Minyak yang berlebihan ini adalah media yang menyebabkan jerawat di dagu.

3.    Keadaan Lingkungan

Tidak semua orang memiliki kulit yang kebal dengan sentuhan udara dan lingkungan. Kulit yang cenderung sensitif biasanya akan kaget ketika berinteraksi dengan udara, debu, kotoran yang ada di lingkungan luar. Akhirnya debu dan kotoran itu masuk ke dalam pori-pori dan menyumbat pori-pori hingga terjadi pembengkakan.

4.    Kurang Memperhatikan Kebersihan

Orang yang lebih sering memperhatikan kebersihan wajah dan selalu melalukan perawatan tentu resiko menderita jerawat lebih kecil. Namun bagi yang lalai memperhatikan kebersihan wajah akan cepat menderita jerawat. Lalai membasuh wajah pun bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat.

Di mana ada penyebab pasti ada solusinya juga. Oleh karena itu selain mengenali penyebab jerawat di bagian dagu, ketahui juga beberapa pencegahan dan tips dan cara mengatasi jerawat di dagu. Selengkapnya bisa and abaca di ulasan berikut ini:

Cara Mengatasi Jerawat Di Dagu

Berikut ada beberapa cara untuk mencegah sekaligus mengatasi penyebab jerawat di dagu secara alami.

1.    Rutin Membasuh Wajah

Ini adalah cara yang paling sederhana namun efeknya sangat besar. Mengingat, penyebab timbulnya jerawat adalah karena tumpukan kotoran yang menyumbat pori pori kulit, maka dengan membasuh wajah setelah beraktivitas akan mengurangi kotoran dan debu yang menempel di wajah.

2.    Mengurangi Konsumsi Makanan Junkfood

Sebaiknya anda kurangi konsumsi makanan berlemak untuk jenis makanan junkfood. Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah yang mengandung serat dan vitamin serta mineral yang baik untuk system pencernaan dan peremajaan kulit.

3.    Hindari Stress

Stress di pengaruhi oleh keadaan hormone yang tidak stabil. Saat keadaan seperti ini terjadi, produksi minyak akan berlebihan. Maka hindari stress dengan cara berolah raga dan selalu berfikir positif.

4.    Lakukan Perawatan Wajah

Perawatan wajah juga bisa membantu anda terhindar dari masalah jerawat. tidak sulit melakukan perawatan wajah, karena bisa di lakukan di rumah. Anda bisa memanfaatkan beberapa bahan seperti sayuran, buah dan tanaman herbal sebagai masker atau obat oles.

Demikian ulasan mengenai penyebab jerawat di dagu dan cara mengatasinya secara alami. Semoga infromasi ini bermanfaat bagi anda.




Paling banyak dibaca