Penyebab Jerawat Batu Dan Cara Mengatasinya

Tidak ada satu pun orang di dunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa jerawat. semua orang pernah merasakan wajah nya timbul benjolan merah yang sakit. Bahkan setelah pasca tumbuhnya jerawat, penderita akan mengalami masalah lain seperti flek, bercak merah dan lubang bekas jerawat yang mengurangi rasa percaya diri. Ada beberapa jenis jerawat yang umum timbul pada wajah manusia, diantaranya jerawat kacang yang ukurannya seperti biang keringat namun menyebabkan rasa gatal yang luar biasa. Ada juga jerawat biasa, biasanya timbul pada waktu-waktu tertentu, ukurannya tidak kecil dan tidak terlalu besar. Seara yang paling parah adalah jerawat batu, yang di kategorikan sebagai kelainan gentik. Jerawat batu ukurannya lebih besar, menimbulkan rasa sakit, timbul lebih banyak akibat kelebihan produksi minyak yang menyumbat pori-pori. Pada kebanyakan kasus, penderita jerawat batu  kerap mengalami masalah kulit pasca berjerawat seperti flek dan bopeng.
Penyebab Jerawat Batu Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat Batu yang utama adalah kelainan hormonal di mana penderitanya mengalami over produksi minyak pada jaringan sebasea. Terjadi penyumbatan minyak pada jaringan tersebut yang berkolaborasi dengan bakteri P.Acne. kemudian terjadilah iritasi di daerah sekitarnya, kelenjar terus membengkak dan mengakibatkan peradangan pad kulit di sekitarnya. Kondisi ini yang merupakan pemicu tumbuhnya jerawat batu, merupakan jenis jerawat yang paling besar berpotensi menyebabkan flek dan lubang yang permanen.

Penyebab dari Jerawat Batu yang lainnya di akbitkan oleh faktor stress. Meski stress tidak langsung mempengaruhi .timbulnya jerawat batu, namun ada hormone tertentu yang keluar saat seseorang stress. Hormone stress mendorong seseorang lebih konsumtif terhadap makanan tinggi gula dan minyak sebagai pelarian dari “stress”.

Itulah penyebab jerawat batu yang paling besar dan paling umum. Di bandingkan jenis jerawat lainnya, jerawat batu lebih berpotensi besar meninggalkan bekas berupa noda hitam, bercak merah dan lubang. Namun jerawat batu ini masih bisa di cegah atau pun di atasi dengan beberapa cara dan bahan alami yang ada di sekitar kita. Bagaimana cara mengatasi jerawat batu? Berikut di bawah ini beberapa cara mengatasi jerawat batu secara alami:

Mengatasi Jerawat Batu Dengan Putih Telur

Penyebab dari jerawat batu seperti yang sudah di jelaskan adalah kelebihan produksi minyak pada kelenjar sebasea yang berlebihan dan menumpuk di dalamnya. Putih telur yang memiliki peranan untuk menarik kotoran atau tumpukan lemak dapat mengatasi masalah tersebut. Sehingga pada saat jerawat batu muncul, dengan putih telur ini maka tumpukan lemak dapat di keluarkan. Oleskan putih telur pada wajah yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit sampai merekat dengan kulit. Lalu bilas dengan air bersih.

Mengatasi Jerawat Batu Dengan Daun Pepaya

Penyebab jerawat batu selain produksi minyak berlebihan adalah bakteri. Bakteri jerawat dapat di basmi dengan beberapa jenis tanaman pahit. Tanaman pahit seperti daun pepeaya yang memiliki zenyawa anti bakteri dan anti septic dapat bekerja langsung di dalam pori-pori dan melemahkan bakteri. Daun pepeaya juga mempercepat pengeringan jerawat sekaligus mencegah bekas dan lubang pada kulit. Ambilah beberapa lembar daun papaya tua. Tumbuh sampai halus dan tambahkan air secukupnya. Peras dan saring air nya, air ini bisa anda oleskan pada bagian kulit yang berjerawat.

Mengatasi Jerawat Batu Dengan Lemon dan Madu

Lemon dan madu adalah dua bahan yang bermanfaat untuk mengembalikan kondisi sel kulit yang rusak akibat peradangan. Sediakan perasan jus lemon dan tambahkan dengan madu alami secukupnya. Ambil kapas bersih dan celupkan ke dalam larutan. Tempelkan sambil di tekan pada kulit yang berjerawat. Diamkan selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Demikian ulasan mengenai beberapa penyebab jerawat batu dan cara mengatasinya. Semoga dapat membantu anda yang mengalami masalah dengan jerawat.

Paling banyak dibaca