Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Berlubang Secara Alami

Kulit berlubang akibat jerawat adalah masalah besar. Bagaimana tidak, lubang pada wajah membuat penampilan terganggu. Tentu siapa saja akan merasa kurang percaya diri. Banyak cara menghilangkan bekas jerawat yang berlubang yang diterapkan oleh beberapa ahli kecantikan. Namun, tidak sedikit perawatan kecantikan memiliki  potensi bahaya yang besar. Apalagi pemakaian obat-obat keras yang justru mengikis jaringan kulit tidaklah di benarkan. Langkah bijak mengatasi berbagai masalah kulit adalah dengan memanfaatkan berbagai bahan alami yang ada di sekitar kita. Dan cara menghilangkan bekas jerawat yang berlubang secara alami adalah solusi yang tepat untuk cantik alami dengan cara yang aman.
Menghilangkan Bekas Jerawat Yang Berlubang secara Alami

Sebelum kita bahas mengenai cara menghilangkan bekas jerawat yang berlubang, mari kita selediki dulu penyebab terjadinya lubang pada wajah yang berjerawat.

Terjadinya Lubang Bekas Jerawat

Jerawat adalah hasil timbunan kotoran yang berkumpul dengan kelenjar minyak di dalam pori-pori. Pori-pori mengalami penyumbatan dan terjadilah peradangan akibat adanya kontak dengan bakteri yang bersarang dengan kotoran di dalam por-pori. Pori-pori membengkang dan ini yang di sebut jerawat. Jerawat yang timbul akan menyebabkan jaringan kulit epidermis mengalami kerusakan sel. Setelah jerawat pecah, jaringan kulit terbuka dan timbul lubang yang sulit menutup kembali. Namun kondisi ini masih bisa di cegah secepatnya ketika luka jerawat masih basah. Kalau sudah kering akan sedikit sulit, butuh waktu yang lebih lama untuk mengembalikan kulit seperti semula. Berikut beberapa cara mengatasi bekas jerawat yang berlubang secara alami dengan beberapa buah dan bahan herbal lainnya.

1.    Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Dengan Pare

Selagi jerawat baru pecah, segeralah melakukan perawatan untuk mengurangi infeksi dan mengeringkan luka yang terbuka. Salah satu bahan perawatn yang bisa di pakai adalah pare. Sayuran yang pahit ini mengandung senyawa basa yang bisa menutup luka pada permukaan kulit. Caranya cukup mudah, Parut pare yang sudah di bersihkan sebelumnya. Lalu oleskan parutan pare ke bagain kulit yang berjerawat. Gunakan 2 sampai 3 kali dalam satu minggu selama 15 menit. Bilas dengan air bersih. Sayuran pait seperti pare bahakan dapat mengeringkan koreng, bisul atau luka yang terbuka.

2.    Perasan Lemon Untuk Memudarkan bercak dan Menutup Luka Akibat Jerawat

Jus lemon kaya akan vitamin C dan asam hydroxyi. Keduanya punya peranan penting dalam menjaga peremajaan kulit. Di dalam dunia kedokteran, vitamin C bahkan di pakai sebagai obat penutup luka. Karena itu, vitamin C dan asam hydroxyl alami dalam buah lemon dapat di pakai sebagai obat penutup luka sekaligus untuk mengeringkan luka akibat jerawat. Caranya, ambil kapas lalu celupkan ke dalam larutan lemon. Tepuk-tepukan pada area kulit yang berjerawat atau pada bagian yang terluka akibat jerawat. Di amkan sampai meresap ke dalam kulit, kurang lebih 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Ulangi cara ini sebanyak 2 kali seminggu untuk pengobatan yang cepat.

3.    Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat Dengan Madu Lebah

Madu termasuk bahan obat herbal untuk bagian dalam dan luar. Madu dapat meringangkan infeksi atau peradangan pada luka. Oleh karena itu, madu dapat di jadikan sebagai obat oles untuk luka bekas jerawat yang berlubang. Caranya, oleskan madu pada wajah atau kulit yang berjerawat, diamkan selama 20 menit sebelum di bilas dengan air bersih. Cara ini harus di lakukan secara rutin pada pagi hari dan malam hari selama masa penyembuhan jerawat. Selain mengeringkan luka dan menutup luka bekas jerawat, madu juga akan membantu menghaluskan kulit dan membuatnya tampak cerah.

Demikian cara menghilangkan luka akbat jerawat yang berlubang secara alami. Semoga bermanfaat!!

Paling banyak dibaca