Mengenal Penyebab Jerawat Kecil-Kecil dan Cara Mengatasinya

Mengenal Penyebab Jerawat Kecil-Kecil dan Cara Mengatasinya
Jerawat kecil-kecil adalah jenis jerawat yang sangat menggangu. Pasalnya, jerawat ini lebih sering muncul di bagian pipi dan dahi bahkan menyebabkan rasa perih ketika tersentuh dan menimbulkan gatal-gatal di sektar kulit yang berjerawat. Jerawat kecil-kecil termasuk jerawat yang berpotensi besar meninggalkan bekas dan lubang. Apalagi jika tersentuh dengan tangan dan kuku. Kebanyakan penderita jerawat ini sering mengalami masalah komedo. Kemudian komedo berkembang menjadi jerawat yang jika di pencet biasanya ada butiran kecil meyerupai pasir dan berbau seperti lemak yang membusuk.

Ada beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang penyebab jerawat kecil-kecil yang sering mangkir di dahi dan pipi. Tahukah anda, kalau jerawat ini menimbulkan kerugian dimana kulit akan tampak kasar. Belum lagi rasa perih dan gatal yang di timbulkan akan menggangu kenyaman penderitanya.

Ciri-Ciri Jerawat Kecil-Kecil

Sesuai dengan namanya, jerawat ini ukurannya lebih kecil seperti komedo atau hampir menyerupai biang keringat. Warnanya merah dan di ujung jerawat terdapat bintik putih kecil, ini adalah nanah yang merupakan hasil penyumbatan lemak. Jerawat kecil-kecil muncul secara berkelompok dan cenderung muncul pada bagian pipi dan dahi. Pada fase peradangan, jerawat ini akan menimbulkan rasa perih jika tersentuh cairan tertentu yang asam atau memiliki kadar basa yang tinggi. Terasa sakit jika tersentuh, bahkan untuk sebagian kasus penderita sering mengalami rasa gatal pada kilit di sekitar jerawat.

Penyebab Jerawat Kecil-Kecil

Penyebab jerawat kecil-kecil umunya sama dengan penyebab jerawat biasa atau jerawat batu. Yang membedakannya hanya ukuran dan tingkat peradangan serta kerugian yang di timbulkan. Penyebab utama jerawat kecil-kecil adalah produksi minyak yang berlebihan di dalam kelenjar sebasea. Faktor yang mempengaruhinya bisa jadi karena hormone yang tidak stabil. Selain itu di sebabkan karena stress dan kebiasaan mengkonsumsi makanan berminyak.

Penyebab jerawat kecil-kecil juga di akibatkan karena infeksi bakteri yang berkolaborasi dengan lemakdan kotoran yang tersumbat di pori-pori. Pada fase ini, peradangan mulai terjadi.

Selain itu, penyebab jerawat yang kecil-kecil bisa saja karena faktor lingkungan dan iritasi bahan kimia dari alat kosmetik. Debu, polusi, dan kotoran yang terbawa oleh udara dan menempel pada wajah, sementara tidak segera di bsuh dengan sabun, maka menjadi potensi timbulnya jerawat.Kosmetik seperti bedak dan foundation yang mengandung minyak serta abahan kimia, akan mudah mengiritasi kulit jika tidak di bersihkan.

Itulah penyebab jerawat kecil-kecil yang umum. Lalu bagaimana mencegah jerawat kecil-kecil ini? Berikut tips cara mencegah jerawat kecil-kecil.

Cara Mengatasi Jerawat Kecil-Kecil

Penyebab jerawat kecil-kecil sudah di bahas sebelumnya. Dengan demikian maka kita akan mengetahui cara mengatasinya. Mengatasi jerawat kecil-kecil ini tidak perlu menghabiskan uang dan waktu. Siapa saja dapat melakukannya di rumah. Mulai dari menjaga kebersihan, melalukan perawatan dan memperbaiki pola makan dan kebiasaan sehari-hari, merupakan cara sederhana dan alami untuk membasmi jerawat. Berikut adalah cara mengatasi jerawat:

1.    Memperbaiki pola makan dan gaya hidup

Hindari makanan junkfood dan tinggi gula. Ganti beberapa asupan dengan sayuran, buah. Jangan lupa untuk meningkatkan konsumsi air putih, karena air putih berperan penting untuk melembabkan kulit sekaligus mengeluarkan racun dan kotoran melalui air seni. Hindari rokok, alcohol dan minuman bersoda yang dapat memicu penurunan imun dan memicu terjadinya ketiakstabilan hormone terutama kelenjar sebasea.

2.    Menjaga Kebersihan Kulit dan Melakukan Perawatn Rutin

Dengan membasuh wajah dalam frekuensi normal tentu dapat membantu mengurangi penumpukan kotoran dan bakteri. Cara-cara alami seperti memakai masker buah dan sayuran, atau melakukan scrub yang rutin dengan beras atau kopi bisa membantu mencegah sekaligus mengatasi jerawat.

3.    Menghindari Stress

Stress adalah pemicu munculnya jerawat. Karena dalam keadaan psikologi yang tidak baik, hormone tubuh akan menjadi tidak stabil. Salah satunya yang terjadi pada kelenjar sebasea. Kelenjar ini cenderung over produktif terhadap minyak, hingga akhirnya tidak mampu di kelurkan oleh tubuh dan menyumbat pori-pori yang menjadi cikal bakal timbulnya jerawat.

Cobalah anda kenali penyebab jerawat dengan ukuran kecil-kecil yang sering muncul di wajah anda. Lakukan tips mengatsi yang sudah di jelaskan di atas apabila jerawat muncul. Dengan begitu masalah jerawat akan teratasi lebih cepat.

Paling banyak dibaca