Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung

Mungkin anda sedikit heran kalau ada jerawat muncul di punggung. Jerawat ternyata memang bisa muncul di mana saja selain wajah, termasuk punggung. Jenis jerawat di punggung sama dengan jerawat wajah. Efek-efek yang di timbulkan juga sama, timbul rasa gatal dan flek bekas jerawat. Meski di area yang lebih tertutup, namun timbulnya jerawat di pungung tetap membuat seseorang tidak nyaman. Pastinya rasa gatal di punggung membuat anda resah dan tidak dapat berkonsentrasi menjalankan aktivitas sehari-hari. Untuk itu mari kita cari tahu apa sebenarnya penyebab jerawat di punggung?
Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Jerawat Di Punggung

Penyebab Timbulnya Jerawat DI Punggung

Mengetahui penyebab jerawat di punggung adalah langkah awal untuk mencari solusinya. Dan inilah beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat di punggung:

1.    Pemilihan Pakaian Yang Tidak Tepat
Kulit seseorang bisa saja sensitive terhadap beberapa jenis bahan pakaian.  Menggunakan pakaian yang terlalu ketat, tekstur kasar, menimbulkan panas dan tidak menyerap keringat, adalah pemicu berkembangnya bakteri. Bakteri akan berkembang dengan kulit mati dan keringat, lalu menyumbat pori-pori dan akhirnya menimbulkan jerawat.
2.    Keringat
Keringat adalah cairan tubuh yang keluar setiap kali kita beraktivitas. Memang tubuh perlu mengeluarkan keringat, namun ketika kita berkeringat dapat menyebabkan tubuh menjadi lembab. Sementara bakteri sangat suka berkembang di area yang lembab, sehingga timbulah jerawat.
3.    Pemakaian Pelembut dan Pewangi Pakaian
Beberapa di antara kita tentu saja ada yang memiliki kulit sensitive terhadap jenis pelembut / pewangi pakaian. Bisa jadi bahan yang ada dalam pelembut atau pewangi pakaian menyebabkan iritasi kulit sehingga menimbulkan jerawat.

Menghilangkan Jerawat di Punggung

Jika kita sudah mengetahui penyebab jerawat di punggung, tentu menemukan cara menghilangkan jerawat di punggung. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah jerawat di punggunf:

1.    Jangan memakai pakaian yang kasar dan tidak menyerap keringat, sebaiknya pilih pakaian yang lebih halus. Bila tubuh mudah berkeringat, sebaiknya ganti pakaian setidaknya dua kali sehari. Hindari pakaian yang mudah menghantarkan panas. Selalu rutin mengeringkan tubuh sehabis beraktivitas berat yang mengeluarkan keringat.
2.    Saat tidur sebaiknya pastikan seprai dan kasur tidak menghantarkan panas. jika anda tidur dengan keadaan punggung yang berkeringat tentu bakteri akan mudah berkembang dan menimbulkan jerawat.
3.    Selalu rutin membersihkan punggung dengan sabun yang aman dan cocok di kulit. Setiaknya seminggu sekali anda melakuakn scrub pada punggung anda.
4.    Hindari pemakaian tas ransel yang mudah menggesek kulit punggung. Sebaiknya gunakan tas selempang atau pun hand bag yang lebih aman.
5.    Jika jerawat sudah muncul, cara menghilangkan jerawat di punggung adalah menggunakan obat dari dokter atau minum beberapa jenis makanan yang dapat mengurangi iritasi pada kulit. Sayuran dan buah pun bisa mengatasi jerawat di punggung.

Menhilangkan Jerawat Di Punggung Secara Alami

Cara mengatasi jerawat di punggung secara alami bisa anda terapkan. Ada beberapa cara dapat anda lakukan, seperti rutin mengkonsumsi makanan yang sedikit pahit, mengkonsumsi herbal pencegah iritasi dan jerawat di punggung serta mensuplai asupan vitamin dan antioksidan dari buah. Antioksidan sayuran dan buah akan tetap menjaga peremajaan kulit, berbagai tanaman herbal seperti daun binahong, brotowali dan sambiroto yang sifatnya pahit, ternyata ampuh untuk menghilangkan jerawat di punggung. Herbal alam tersebut bisa di oleskan pada bagain punggung yang berjerawat, kemudian di bilas dengan air bersih.

Cukup mudah bukan? Tidak perlu menghabiskan uang yang banyak, karena cara menghilangkan jerawat di bagian punggung secara alami tetap efektif dan bekerja cepat.

Paling banyak dibaca