Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Tahukah anda? Banyak sekali cara menghilangkan jerawat batu secara alami. Tapi, apa sih jerawat batu dan penyebabnya? jerJerawat batu adalah jenis jerawat yang paling berukuran besar. Biasanya saat muncul, akan dibarengi dengan kemerahan di sekitar kulit yang berjerawat. Bahkan sering menimbulkan rasa sakit ketika tersentuh atau di pencet. Jerawat batu salah satu tipe yang paling besar potensinya menyebabkan bekas dan bopeng yang parah. Jerawat ini bisa muncul tunggal ataupun berkelompok. Kalau jerawat ini muncul, penderitanya tentu mengalami rasa tidak percaya diri. Bahkan merasa minder dan kurang Pede. Rasa sakit yang timbul juga sering mengganggu, sementara jerawat yang ukurannya besar kadang membuat penderita geregetan dan ingin sekali memencetnya. Tapi, jerawat justru tidak boleh di pencet karena berpotensi meningkatkan imflamasi dan bekas jerawat yang sulit di hilangkan. Lalu apa sih penyebab utama jerawat batu?
Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Penyebab Timbulnya Jerawat Batu

Jerawat batu yang berukuran besar ini di sebabkan karena adanya beberapa faktor. Faktor pertama karena perubahan hormol yang tidak stabil. Hormon tersebut yang berhubungan dengan system ekskresi dan produksi kelenjar minyak di kulit. Ketika produksi minyak berlebih sementara tidak dapat di keluarkan, maka akan terjadi penumpukan lemak di bawah pori-pori sehingga terjadilah penyumbatan yang menyebabkan peradangan.

Faktor berikutnya bisa di sebabkan karena kondisi kulit yang kotor, kontak dengan bakteri dan atau alergi terhadap jenis makanan tertentu. Namun penyebab timbulnya jerawat batu yang umum adalah kurangnya menjaga kebersihan. Jerawat batu bisa di cegah atau di atasi dengan memanfaatkan beberapa bahan alami yang sering kita jumpai. Cara menghilangkan jerawat batu secara alami adalah solusi yang tepat untuk menepis jerawat yang sering menimbulkan rasa sakit dan bekas ini sampai ke pangkalnya. Berikut beberapa cara alami untuk menghilangkan jerawat vang membandel:

1.    Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Pucuk Daun Jambu

Seperti yang kita ketahui, penyebab utama jerawat batu adalah kondisi wajah yang kurang bersih, di mana debu dan bakteri menumpuk di bawah pori-pori dan menimbulkan imflamasi atau peradangan. Pucuk daun jambu biji adalah salah satu bahan alami yang mengandung senyawa anti bakteri tertentu. Fungsinya adalah untuk membunuh bakteri dan mengeringkan jerawat lebih cepat. Ambilah beberapa pucuk daun jambu biji yang muda, cuci bersih lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan pada wajah yang berjerawat, diamkan sampai meresap ke dalam kulit kurang lebih 20 menit. Lalu bilas sampai bersih dengan air hangat. Lakukan cara ini pada pagi dan sore hari selama penyembuhan jerawat.

2.    Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Lemon

Lemon mengandung vitamin C yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri, mengeringkan luka dan memperbaiki kerusakan sel kulit. Namun, sebaikny gunakan jus lemon ketika jerawat sudah mulai kempis dan kemerahan sudah sedikit membaik. Ini untuk mengindari rasa perih, jika jerawat masih basah dan masi dalam tahap peradangan iritasi lebih mudah terjadi akibat asam yang ada pada jus lemon. Untuk memakai jus lemon, anda cukup menggunakan kapas steril yang di celupkan ke dalam larutan lemon. Tepuk-tepuk kapas pada bagian wajah yang berjerawat. Cukup satu kali pada malam hari selama 15 menit. Lakukan sampai jerawat hilang dan bekas memudar.

3.    Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Lidah Buaya dan Madu

Buatlah masker dari gel lidah buaya yang di campur madu alami. Oleskan pada wajah yang berjerawat lalu diamkan selama 10-20 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan pada pagi hari dan sebelum tidur selama proses penyembuhan.

Bagaimana? Mudah bukan? Silahkan anda terapkan tips menghilangkan jerawat batu secara alami. Anda bisa milih salah satu dari 3 cara di atas. Atau bisa juga mengkombinasikan dua cara sekaligus. Semoga bermanfat.

Paling banyak dibaca