5 Penyebab Jerawat Meradang dan Solusinya

Jerawat adalah masalah kulit yang paling besar di alami kebanyakan orang. Ketika kulit berjerawat, maka akan timbul masalah lain yang tidak nyaman seperti rasa sakit, gatal-gatal, flek dan bopeng bekas jerawat. hampir semua orang mengalaminya, terutama yang mulai memasuki tahap pubertas dan orang dewasa yang sering stress akibat lingkungan kerja. Fase terbesar yang berpotensi merugikan penderitanya adalah ketika jerawat sudah meradang. Kita tahu, banyak jenis dan macam jerawat serta penyebabnya. Jerawat bisa muncul di mana saja, di wajah, di punggung, bahkan di kulit kepala. Penyebabnya pun bisa karena faktor hormonal, lingkungan dan pola hidup yang buruk. Langkah bijak anda untuk menanggapi kemunculan jerawat adalah mengenali penyebabnya dan solusi mengatasinya. Oleh karena itu, di sini akan kita bahas penyebab jerawat meradang untuk mengetahu solusi lebih lanjut untuk mengatasinya.
5 Penyebab Jerawat Meradang dan Solusinya

Banyak sekali faktor penyebab jerawat meradang baik dari luar maupun dari dalam tubuh penderita. Namun kadang, penyebab tersebut tidak di sadari dan lebih di sepelekan penderitanya. Adapaun cirri jerawat meradang adalah semakin memerah dan terasa lebih sakit. Inilah beberapa penyebab jerawat meradang yang perlu anda ketahui:

Infeksi Bakteri

Penyebab jerawat meradang yang pertama adalah infeksi terhadap bakteri penyebab jerawat. Banyak sudah membahas, bahwa jerawat terjadi akibat penumpukan minyak atau lemak di bawah pori-pori. Saat pori-pori tersumbat, apabila ada kontak langsung dengan bakteri maka akan terjadi iritasi atau pembengkakan lebih lanjut akibat bakteri tersebut. Bakteri memang suka hidup di daerah yang luka, kotor dan mengalai peradangan. Jika bakteri sudah berkumpul dan bersarang di dalam pori-pori, peradangan tidak dapat dihindari.

Memencet Jerawat

Tahukah anda? Memencet jerawat adalah penyebab jerawat meradang. Memencet jerawat bukan berarti anda bisa mengeluarkan kotoran dan tumpukan lemak di dalamnya, justru akan menyebabkan luka serta pembengkakan. Mengapa? Karena memencet jerawat tentu menggunakan jari dan kuku anda. Bayangkan, kuku dan jari adalah sumber bakteri paling besar. Ketika jerawat terbuka, maka bakteri dari kuku akan masuk kedalam jerawat  dan menginfeksi jerawat sehingga meradang.

Memakai Kosmetik Saat Kulit Berjerawat

Penyebab jerawat meradang adalah kosmetik yang anda pakai. Karena kosmetik mengandung bahan kimia yang mungkin saja lebih memperparah jerawat. tidak sedikit yang mengalami iritasi dan peradangan jerawat akibat bedak, foundation dan beberapa bahan kosmetik lainnya.

Mengkonsumsi Makanan Tinggi Lemak dan Gula

Penyebab jerawat menjadi meradang yang tidak di sadari kebanyakan orang adalah menjadi konsumtif terhadap makanan tinggi lemak dan gula. Saat berjerawat, kulit tentu mengelurkan minyak lebih banyak, bayangkan jika penderita justru senang mengkonsumsi makan berlemak dan tinggi gula, maka produksi minyak akan meningkat bahkan tidak terkontrol yang akhirnya menyulitkan jerawat untuk kering.

Solusi Mengatasi Jerawat Meradang

Setelah kita ketahui penyebab jerawat yang meradang, maka solusi mengatasinya dapat segera kita temukan. Inilah beberapa solusi untuk menghindari jerawat meradang:

1.    Menjaga kebersihan dengan membasuh wajah dan melalukan perawatan seperti memakai masker dan scrub. Ini adalah upaya untuk mengurangi resiko berkembang biaknya bakteri. Masker dan scrub juga dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus mencegah bekas jerawat.

2.    Menghindari pemakaian alat-alat kosmetik yang keras saat jerawat belum mongering

3.    Hindari memencet jerawat, biarkan jerawat pecah dengan sendirinya. Cara ini juga akan menghindari terjadinya bopeng dan flek bekas jerawat.

4.    Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah serta air putih untuk membantu metabolism dan melancarkan sekresi tubuh sehingga racun dan kotoran dapat di keluarkan dari tubuh terutama kulit.

Demikian ulasan mengenai penyebab jerawat meradang dan solusi mengatsinya. Terapkan apabila jerawat muncul di wajah anda. Semoga bermanfaat!!

Paling banyak dibaca